Minggu, 30 November 2014

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi


Untuk kesempatan kali ini Ngulas.com akan membahas mengenai bolu yang memiliki warna yang beragam seperti pelangi, namun bukan rainbow cake. Sebab rainbow cake termasuk kue yang harganya tidak murah, karena begitu terkenal dan rasanya pun sangat lezat. Tidak kalah dengan rainbow cake, di Indonesia juga memiliki bolu yang hampir mirip dengan rainbow cake dan memiliki rasa yang tidak kalah dengan rainbow cake, yaitu bolu kukus pelangi.

Resep Bolu Kukus


Resep Bolu Kukus


Meski Resep Bolu Kukus pelangi tidak jauh berbeda dengan resep membuat rainbow cake, namun tekstur dari bolu kukus pelangi lebih lembut dan bahan yang diperlukan juga lebih murah dibandingkan dengan membuat rainbow cake.

Untuk meminimalisir biaya, anda juga dapat membuat bolu kukus pelangi sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Jika anda tertarik untuk membuat bolu kukus pelangi sendiri dirumah, namun bingung mempersiapkan apa saja untuk membuat bolu kukus pelangi, di bawah ini Ngulas.com akan membantu anda dengan Cara Membuat Bolu Kukus pelangi, seperti berikut:

Bahan-bahan:
  • 120 gr tepung terigu atau sesuai keperluan
  • 4 butir telur
  • 120 gr gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 1/4 sdt baking powder
  • 75 gr santan kental
  • Garam secukupnya
  • 3-4 tetes pewarna makanan (merah muda, kuning dan hijau atau sesuai dengan selera anda)


Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi:
  1. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam secukupnya hingga adonan mengembang, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan baking powder, lalu aduk perlahan bergantian dengan santan kental.
  2. Setelah adonan cukup mengembang dan tercampur rata, bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian diberi pewarna merah muda, satu bagian diberi pewarna kuning dan satu bagian lagi diberi pewarna hijau muda. aduk masing-masing adonan hingga merata, lalu masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga.
  3. Siapkan loyang yang diberi alas kertas roti, lalu semprot adonan memanjang dengan masing-masing warna selang seling.
  4. Setelah adonan habis, kukus adonan dengan api sedang selama 20 menit hingga matang merata.
  5. Angkat dan sajikan diatas piring saji.


Kue bolu kukus pelangi yang telah anda buat dapat dihias sesuai dengan selera anda masing-masing, bisa dihias dengan butter cream atau storberi dan ceri segar.

Resep Bolu Kukus


Resep Bolu Kukus seperti diatas sangatlah mudah dipraktekkan dirumah dan dihidangkan bersama teh, kopi atau susu hangat bersama teman dan keluarga anda. Untuk anda yang senang dengan warna-warni lebih banyak, anda juga dapat menambah pewarna dan adonan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera masing-masing. Sekian ulasan mengenai Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar