Senin, 17 November 2014

10 ANEH DAN MENAKJUBKAN FAKTA TENTANG OTAK

10 ANEH DAN MENAKJUBKAN FAKTA TENTANG OTAK


10 Aneh dan Menakjubkan Fakta tentang Otak

Otak manusia adalah yang paling mengagumkan dari semua organ yang bertanggung jawab untuk kesadaran. Tidak ada keraguan dalam mengatakan bahwa komputer modern yang cukup mengesankan, namun tidak satupun dari mereka benar-benar dapat sesuai dengan kemampuan yang menakjubkan dan memikat dari otak manusia. Dan jika kita entah bagaimana mengelola untuk membuat seperti komputer, itu pun tidak akan mampu untuk mengembangkan pengalaman emosional, wawasan, berbagai bentuk citra dan kreativitas seperti otak manusia. Singkatnya, otak kita adalah organ yang paling unik dan tak tertandingi. Beratnya hampir 3 kilogram dan menyerupai oatmeal hangat, hal tersebut sangat rapuh dan aneh melihat bahwa ahli saraf dan peneliti menghadapi banyak kesulitan dalam memegangnya dengan benar, terutama ketika baru saja dikeluarkan dari tubuh orang yang telah meninggal baru-baru ini. Titik pertama dan terpenting yang perlu dibuat tentang otak adalah tingkatan-tingkatan kompleksitas dan keanehan dalam hal berbagai fungsi melakukan. Setelah semua, itu hanya segumpal daging, lalu bagaimana itu mampu melakukan seperti kebanyakan fungsi. Untuk memahami keanehan dan mekanisme otak, kita perlu memiliki beberapa ide tentang jenis fungsi datang untuk melakukan. Apakah Anda tahu bahwa ada miliaran neuron dan triliunan sel glial yang ditemukan di otak Anda? Dari antara fakta-fakta aneh tentang otak, 10 fakta aneh dan menakjubkan tentang otak yang tercantum di bawah.
10. Lebih dari 100.000 Miles dari Pembuluh Darah
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa ada beberapa miliaran neuron dan sel glial ditemukan di berbagai tempat di otak maupun di seluruh tubuh. Neuron ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan impuls listrik di antara mereka yang bepergian dengan kecepatan lebih dari 100 mil per jam. Aktivitas listrik yang terjadi di otak dapat menghasilkan lebih dari 25 watt, seperti ditegaskan oleh berbagai sumber. Kekuatan ini memang cukup cukup untuk menerangi bohlam. Anehnya, pembuluh darah didistribusikan di seluruh otak, jika menyebar sepanjang jalan lurus dapat menempuh jarak 100.000 mil atau lebih. Otak manusia memang memiliki kemampuan untuk menyimpan triliun terabyte data untuk jangka waktu yang lama jika dikodekan dengan cara yang sempurna.
9. Tidak ada Reseptor Nyeri (nociceptors)
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh ribuan ahli saraf dan psikiater, tidak ada nociceptors di otak. Sebagaimana disebutkan di atas, nociceptors adalah reseptor yang merespon terhadap rangsangan permusuhan atau apapun rasa sakit. Hal ini karena fakta aneh para ahli bedah dapat dengan mudah mengeksekusi operasi otak saat pasien masih terjaga. Strategi ini membantu dalam menentukan bahwa pasien tidak mengalami semacam kehilangan penglihatan atau kelainan lain pada organ sebagai operasi berlangsung. Para nociceptors didistribusikan di seluruh tubuh manusia dan berperan dalam mendeteksi rasa sakit. Pesan-pesan dan informasi tentang rasa sakit yang dikirim melalui tulang belakang menuju otak yang menentukan reaksi yang akan dibuat. Dengan kata sederhana, sumsum tulang belakang adalah seperti kawat panjang yang menyediakan jalur komunikasi antara otak dan seluruh tubuh.

8. Stored Otak Albert Einstein
Seperti yang Anda sebagian besar dari Anda sudah tahu bahwa ilmuwan dan filsuf besar, Einstein meninggal pada tahun 1955. Segera setelah kematiannya, Dr Thomas Harvey telah dihapus otaknya dengan melakukan brainectomy a. Operasi telah dilakukan hampir 7 jam setelah kematian ini individu berbakat. Tapi apa yang lebih aneh adalah fakta bahwa Dokter sendiri telah lenyap dengan otak selama bertahun-tahun. Akhirnya, ia turun ditelusuri oleh seorang wartawan Steven retribusi di Kansas, di mana Dr Thomas telah menerima bahwa ia masih memiliki otak yang disimpan dalam stoples tukang batu di banyak potongan dan fragmen. Ini adalah indikator yang jelas bahwa dia telah membawa ratusan tes pada otak sampai sekarang, tapi apa sebenarnya yang dia temukan?

7. Kanan dan Kiri Otak
Otak manusia telah dibagi menjadi dua belahan yaitu belahan otak kanan dan kiri. Meskipun mereka terlihat sama, tetapi dalam kenyataannya mereka melakukan fungsi berbeda. Dikatakan bahwa bagian kiri yang terlibat dalam pemikiran rasional dan analitis, kemampuan verbal dan produksi bahasa, sementara bagian kanan yang terlibat dalam fungsi kreatif dan visual. Apa aneh adalah bahwa informasi dari mata kanan dikirim ke bagian kiri, sementara informasi dari mata kiri dikirim ke bagian kanan otak. Selain itu, mata kita menangkap gambar dalam bentuk terbalik, tapi otak yang mengoreksi gambar. Bagian yang menghubungkan kedua belahan otak yang dikenal sebagai “corpus callosum”. Setiap kerusakan pada bagian ini akan mengakibatkan hilangnya koordinasi otak karena yang Anda tidak akan mampu untuk melakukan bahkan yang paling sederhana fungsi. Coba bayangkan bahwa Anda sedang melihat seorang gadis yang Anda inginkan berat, tetapi Anda tidak dapat mengidentifikasi siapa gadis itu?

6. Pria Punya Otak Relatif Lebih besar
Sebagian besar perempuan tidak akan begitu heran mendengar fakta ini, tetapi merupakan fakta bahwa pria memiliki otak yang lebih besar. Ini adalah pointer terhadap keyakinan chauvinistik bahwa pria lebih cerdas daripada wanita. Tetapi pada saat yang sama, juga telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah bahwa wanita memiliki lebih banyak sel-sel saraf dan konektor dibandingkan dengan pria. Dalam hal pengolahan informasi, memproses sejumlah wanita lebih data menggunakan otak kiri yang terlibat dalam isi emosional. Dengan kata sederhana, wanita cenderung lebih emosional sedangkan laki-laki cenderung lebih logis. Ada juga perbedaan kecil di bagian-bagian otak lainnya. Hal ini menimbulkan pertanyaan yang belum apakah perbedaan antara bagian otak ini berkaitan dengan jenis kelamin tertentu atau tidak? Apa pendapat Anda?
5. Informasi Cepat Penukaran selama Tidur
Di nomor 5 kita belum lagi fakta aneh yang menyatakan bahwa otak kita lebih aktif pada malam hari dibandingkan dengan siang hari. Dengan kata lain, jalur komunikasi bekerja pada kecepatan yang sangat tinggi pada saat malam hari. Semua informasi dan pengalaman yang dihadapi oleh kita saat kita terjaga diproses dan diterjemahkan efisien selama waktu malam. Menggunakan alat yang disebut EEG, telah membuktikan bahwa selama fase REM tidur kita, paling banyak bagian otak diaktifkan. REM tahap dengan kata sederhana, merupakan tahap di mana kita melihat mimpi ditandai dengan jadwal rapid eye movement.

4. Apakah Estat Inception
Sebagian besar peneliti mimpi dan ahli saraf telah mengkonfirmasikan bahwa kita memiliki kemampuan untuk mengontrol hasil impian kita. Secara teknis, berbicara hal itu disebut bermimpi yang berakar dalam agama Buddha. Apa yang lebih aneh adalah bahwa sementara kita mimpi kemajuan kita, waktu berlalu lebih lambat seperti yang disajikan dalam Hit Film “Inception” Super. Saat ini, sejumlah pakar dan psikolog menawarkan jasa mereka dalam pelatihan Anda bagaimana menaklukkan mimpi buruk Anda yang paling ditakuti dan impian. Berdasarkan hasil positivistik dari metode ini, telah terbukti bahwa semua taktik dan teknik yang digunakan oleh psikolog dan ahli mimpi disebut melakukan kerja.

3. Tidak ada yang tahu Mengapa Kita Tertawa
Hal ini diyakini bahwa tawa benar dihasilkan secara otomatis tanpa intervensi sukarela. Pada saat yang sama, beberapa materi keputihan juga dirilis keluar dari hidung saat kita tertawa. Hal ini memang salah satu yang aneh dari semua fakta yang berkaitan dengan otak kita. Tidak ada keraguan dalam mengatakan bahwa pasti ada unsur tidak sadar terlibat dalam tawa kita. Fakta ini dapat lebih dipahami oleh ketidakmampuan kita atau kesulitan untuk menghasilkan tawa palsu. Dengan kata sederhana, kita menertawakan suara pertama dari “tertawa” kata itu sendiri. Biasanya, kami mulai tertawa pada usia 3 sampai 4 bulan. Tapi kenapa kita memiliki sensasi geli sambil tertawa masih belum diketahui.

2. Size Matters atau Tidak
Tidak tidak, sebagai tes dan prosedur yang dilakukan pada otak Albert Einstein telah mengungkapkan bahwa otaknya hampir 1,23 kilogram. Biasanya, otak dewasa rata-rata beratnya hampir 1,4 kilogram. Lalu, apa itu yang memberikan kontribusi untuk kecerdasan luar biasa dari Einstein. Itu karena sejumlah besar sel glial didistribusikan di seluruh otaknya. Keyakinan bahwa orang dengan kepala besar lebih cerdas daripada orang-orang yang memiliki kepala pin pointer telah dipalsukan oleh penelitian terbaru yang menyatakan bahwa ukuran tidak penting. Bahkan, orang yang memiliki lebih dari ukuran otak yang biasa mungkin akan mengalami kelainan pada fungsi otak.

1. Orang dengan IQ tertinggi-Kim Ung-Yong
Anda mungkin berpikir bahwa orang itu seperti warga Korea lainnya. Tapi dia tidak. Bahkan ia adalah pemegang rekor memiliki IQ tertinggi di dunia diperkirakan hampir 210. Terlebih lagi aneh adalah kenyataan bahwa pada usia empat dia menjadi fasih dalam hampir 4 bahasa yaitu Korea, Jerman, Inggris dan Jepang. Pada usia lima ia mampu memahami konsep kalkulus diferensial dan integrasi. Pada usia 8 dia diundang ke Amerika Serikat tempat ia menyelesaikan gelar pendidikan universitas. Pada usia 12 ia sudah mulai proyek penelitian di NASA. Sekarang, bagaimana menurutmu tentang semua ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar