Senin, 17 November 2014

Rangkaian Lampu Led Pada sepeda motor

Lampu Led yang dipasang pada sepeda motor biasanya mereka merauh lampu led pada roda belakang dan pada mesin jadinya ketika malam hari kelihatan sangat mewah dan elegan, namun sebagian besar orang belum tahu bagaimana cara merakit lampu led sepeda motor, sebenarnya mudah saja namun anda perlu tahu perlengkapan sekaligus cara merakitnya, karena komponen pada lampu led harus sudah tahu mengenai ilmu elektronik, kalau anda belum paham mungkin dengan gambar yang saya bagikan sobat lebih paham, alat yang anda perlukan cuma solder dan avo meter, kedua alat ini harus sobat persiapkan.
Komponen ini bisa sobat dapatkan di toko elektronik dengan menyodorkan komponen yang saya tulis semua toko perlengkapa elektronik akan tahu dan sudah mengerti apa yang sobat maksut, berikut ini gambar dari rangkaian membuat lampu led pada sepeda motor :
Cara Merakit Lampu Led Pada Sepeda Motor-blog kang miftah
Kalau sobat melihat pada gambar tentu saja sobat berpikir rangkaiannya sangat mudah bukan? iya memang mudah sekali tanpa keahlian khususpun sobat bisa memahami dari gambar diatas, untuk memperbesar dan mendownload gambar silahkan klik untuk zoom. dan berikut ini komponen yang harus sobat persiapkan selain avo meter dan solder.
  1. Resistor : ada tiga resistor untuk rangkaian lampu led ini yaitu resistor dengan nilai 330 ohm, 1K ohm dan 100K ohm.
  2. Transistor NPN : untuk menyetabilkan rangkain lampu led di perlukan satu buah transistor dengan nilai BC 547.
  3. Saklar : untuk saklar sobat bisa gunakan saklar dengan kekuatan 2A minimal dan maksimal 5A. untuk mudahnya sobat bisa langsung tanyakan ke toko elektronik mereka sudah paham dengan maksud yang saya sampaikan.
  4. Lampu Led : berikutnya lampu led, disini sobat bisa menaruh lampu led 2 atau 3 buah yang pasti caranya dengan rangkaian paralel atau seri silahkan aplikasikan sendiri saja.
  5. Kabel : terakhir adalah kabel, pilih kabel yang kuat dan besar jangan menggunakan kabel engkel atau kabel dengan satu kawat karena akan sulit untuk menempatkan led dan rangkaian nantinya, jadi pilih kabel serabut yang lentur. agar tidak salah menentukan arus positif dan negatif beli kabel dengan 2 warna.
Setelah sobat membeli semua alatnya silahkan solder semua komponen seperti pada gambar di atas, untuk menentukan kaki transistor sobat bisa menggunakan avo meter. B untuk Basis, E untuk emitor dan C untuk colektor. jangan pernah di balik. kalau sobat tidak tahu tentang kaki transistor sobat bisa minta tolong kepada service elektronik, namun kalau ingin belajar baca artikel cara mengetahui kaki-kaki transistor, kemungkinan untuk memahami akan agak lama.

Nah kalau sudah sobat rangkai seperti diatas silahkan supplay rangkaian lampu led dengan daya Accu atau Aki sepeda motor, AWAS...!!! perlu kalian paham sekali saja sobat keliru merangkai lampu led kemungkinan besar lampu led akan mati jadi periksa dengan teliti apakah sudah benar atau salah, kalau memang sudah benar seperti gambar diatas tentu lampu led sudah menyala. aplikasikan penempatan lampu led sobat bisa sobat pasang di roda belakang atau di sebeleh mesin, namun yang pasti kalau sobat menemukan kesulitan dan merasa bingung dengan tutorial ini sobat bisa mendatangi para tukang penjual lampu led di pinggir jalan, banyak penjual lampu led berjualan di malam hari, namun dengan menggunakan tutorial di atas baiyanya di bawah Rp10.000,- nah tinggal kalian mau atau tidak itu terserah sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar