Berikut ini ada beberapa Cara Mudah Membuat Motor Hemat Bahan Bakar yang
sebenarnya hal sepele untuk dilakukan namun mempunyai manfaat yang
banyak :
Sepele, tapi besar manfaatnya dalam menghemat konsumsi BBM. Karena kalau
tekanan angin kurang, dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi
pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum
mengendarainya.
Panaskan mesin motor cukup satu menit tak usah kuatir tidak panas,
karena motor-motor zaman sekarang didesain lebih canggih , memanaskan
mesin motor selama satu menit sudah baik. Tapi kalau kelamaan memanaskan
mesin motor anda mengakibatkan knalpot menjadi merah dan cepat keropos
karena terlalu panas.
Apabila rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat.
sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Makanya,
atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr
jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu rapat, karen
dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
Perhatikan juga sampai jarak berapa dari stang motor mulai bergerak.
sekitar 50% dari jarak yang ada merupakan jarak yang baik. Jangan
menggeber-geber gas tapi dengan tarikan yang halus dan stabil. Kemudikan
motor secara baik dan benar dapat menghemat bahan bakar sampai 15%.
Gerakkan gas dengan cara halus pada mesin yang menggunakan RPM meter,
usahakan RPM tidak melewati 50% atau pertahankan kecepatan motor lebih
sering pada antara 50-70 km/jam. Pada saat kecepatan di atas 70 km/jam.
Daya lumas oli yg baik mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta
dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan
power mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh
jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli secara rutin dan tak
melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat
performa mesin selalu segar dan putaran yang lancar.
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun.
Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi
cepat, efeknya, BBM banyak terpakai, untuk itu, kerenggangan komponen
ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing-masing.
Stelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling
ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini membuat
kopling mudah selip saat gas di pelintir. Lari motor pun jadi tertahan,
tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas
kopling masih berperforma baik. bisa sudah tipis/aus segeralah ganti
baru.
Kemacetan seolah telah menjadi fitur baru di jalanan kota-kota besar di
Indonesia. Akibatnya, selain memicu stress si pengendara mobil, konsumsi
BBM pun bertambah. Dan kedua hal ini tanpa disadari sebenarnya saling
berhubungan. Berbagai survei mengatakan bahwa tingkat stres tinggi pada
seseorang akan lebih mudah memacu kendaraan lebih kencang tanpa
memperhitungkan sekelilingnya. Alhasil BBM yang terkonsumsi mesin pun
makin banyak.
Umur kerja busi, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih
dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar
juga ngedrop, alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas
jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo. Oh ya, bila
umur busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab
bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas
percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai
spesifikasi yg di anjurkan.
Filter jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin
bertekanan. sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap
debu di dalamnya. Bila tampak kotor kudu diganti baru, tapi yg berbahan
busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi BBM, tarikan motor
pun jauh lebih enteng.
- Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi)
Di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran
bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu didapat efek pengabutan bahan
bakar yg sempurna. Selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup
udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran
mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk
dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
Tips selanjutnya adalah untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang
sederhana cuma perlu merogoh kocek lebih banyak yaitu gunakan bahan
bakar non timbal atau pertamax. Walaupun harga lebih mahal dibanding
premium, tapi manfaatnya bagi kendaraan Anda begitu besar. Jika Anda
ingin mengganti kebiasaan pengisian bahan bakar premium ke pertamax,
kami sarankan melakukan dengan perbandingan awal minimal 20% sisa bahan
bakar atau kalau bisa tersisa hanya 10% - 15%, baru lakukan pengisian
dengan pertamax.
- Upgrade Sistem Pendinginan
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. makanya,
akali dengan memasang oil cooler. Untuk motor penganut sistem pendingin
cair, bila ingin suhu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor
terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin. Upgrade mesin
ditujukan buat motor berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di
dalam mesin pasti banyak yang aus. Misal ring piston lemah, clearence
piston sudah terlalu longgar dan lainnya, cukup mengembalikan
kepresisian komponen itu jadi normal lagi, maka selain tenaga mesin
meningkat, pemakaian BBM juga lebih irit.
Tidak haram jika mau aplikasi “part†pengirit bensin kayak: power FX
-femax-ring bensin dan sebagainya. Sebab berdasarkan hasil riset,
“part†itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga
10%.
Busi berperan penting bagi tenaga mesin. Ada beberapa cara untuk
meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi peranti pengapian
berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing.
Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
- Gunakan BBM Sesuai Karakter Motor
Bila misalnya motor Anda hanya perlu menggunakan BBM dari jenis premium,
tak perlu Anda ganti dengan pertamax atau pertamax plus hanya dengan
keyakinan motor bakal berlari lebih kencang. Pabrikan sebetulnya telah
membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin dengan jenis BBM. Untuk
contoh di atas, memang motor ber-BBM premium akan lebih kencang bila
diberi pertamax. Tapi, itu akan membuat motor bersangkutan mengonsumsi
BBM lebih banyak (yang pasti harganya lebih mahal). Demikian pula
sebaliknya. Jika motor memang direkomendasikan harus menggunakan
pertamax, jangan menurunkan kualitas dengan memakai BBM premium. Selain
akan membuat mesin ngelitik, penurunan spesifikasi BBM yang digunakan
justru akan membuat motor boros konsumsi BBM-nya.
Kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara
berkendara yang benar!!. Kalo anda masih suka kebut-kebutan, sering
memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip kopling dan
lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas
perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada
kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi BBM anda
akan jauh lebih irit. Demikianlah sekelumit cara menghemat bensin motor
anda, semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar